Skip to main content

Membuat Niche Pada Blog Kita

 


startupwebpro.com

Keinginanku untuk menulis memang sudah ada sejek beberapa tahun yang lalu, namun pada saat itu belum berkembang dan sempat berhenti bertahun-tahun. Baru beberapa saat ini minat menulisku Kembali muncul setelah mengikuti ODOP (One Day One Post) batch 11 dan lolos. Setelah lolos mengikuti Rekrutmen Saya berminat untuk mengikuti kelas OBS  yaitu ODOP Blogger Squads. Keinginanku untuk ngeblog pun muncul dan berminat untuk mengembangkannya lebih lanjut. Kabar-kabarnya di kelas ini kami akan diajarkan untuk mengembangkan blog agar blog kita dapat dibaca oleh banyak bloger di luar sana.

Bagaimana mengembangkan Blog Pun Saya sebelumnya tidak mengetahui sama sekali. Namun, setelah mengikuti kelas OBS ini saya sudah beberapa kali ikut kelas dan beberapa kali mendapat materi tentang adab ngeblog dan materi tentang membuat Nhice. Ap aitu Nhice? Saya pun tidak tahu sebelumnya tentang Nhice . Kemarin malam baru dapat materi nhice dari kak Yonal Regen.

Niche adalah topik dalam blog, topik pada blog bisa kita buat lebih spesifik menurut minat kita. Biasanya hanya satu topik dalam blog. Ada lagi blog campuran misalnya blog pendidikan dan traveling. Bisa juga blog gado-gado. Untuk topik ini terserah kita sih mau pilih yang mana. Namun lebih baik adalah blog yang satu topik saja.

Kita harus menyinkronkan niceh dengan judul, logo dan tagline pada blog kita. Misalnya kita mengembangkan blog dengan topik pendidikan maka kita harus membuat niche, tagline, dan logo tentang pendidikan.

Ternyata saya benar-benar belum tahu banyak dengan blog. Masih mengembangkan dasar-dasarnya saja dan belum mnegembangkan lebih dalam lagi. Misalnya untuk niche ini  saya pun belum tahu dimana letak dan cara membuatnya. Niche ini lebih kepada pesetingan kita terhadap judul dan deskripsi blog kita biasanya ada pada tombol seting pada blog dan kita bisa menuliskan judul dan deskripsi pada blog.

Membuat niche memang susah-susah gampang misalnya jika kita seorang pendidika lebih gampangnya adalah membuat niche tentang pendidikan, karena kita bisa membuat tentang keseharian kita dalam mendidik anak-anak. Usahakan membuat niche dengan tidak mengubah-ngubah topik.

Apakah membuat niche akan memberikan keuntungan bagi kita. Iya tentunya blog kita akan banyak dibaca pleh orang-orang yang seminat dengan blog kita. Apakah membuat niche pada blog kita akan memberikan kita penghasilan tambahan? Bisa jadi hal ini juga berkaitan dengan domain yang kita pakai, apakah domain kita berbayar dan dilrik oleh SEO? Jika ya kemungkinan juga akan memberikan penghasilan tambahan.

Membuat niceh khusu seharusnya memmakai nama domain kita sendiri yang tidak akan kita ubah-ubah dikemudian hari. Misalnya kita membuat nama domain purnaari.com sampai nanti saya harus memakai domain itu dengan tidak mengubah nama domain. Maka dari itu kita harus membuat nama domain yang sudah mantap dengan hati kita dan tidak akan kita ubah dikemudian hari. Nama domain tidak harus memakai nama sendiri. Namun bisa juga membuat seuai dengan topik yang kita inginkan.

Pada saatnya nanti blog kita akan mempunyai pembacanya sendiri dengan niche masing-masing. Karena semakin berkembangnya minat masyarakat untuk mencari informasi diinternet. Tergantung bagaimana kita mengembangkan tulisan kita dan bagaimana kita mengembangkan tampilan di blog kita.

Kedepannya saya lebih memilih mengembangkan blog dengan mengambil tema pendidikan. Karena pendidikan adalah jiwa saya yang saya geluti setiap hari. Dimana saya bisa menuliskan kejadian-kejadian yang ada di sekolah. Tingkah laku siswa yang unik. Tentang suasana pendidikan nasional yang terus berkembang dan terus berganti. Pembahasan tentang pendidikan juga tidak habisnya, seperti pembahasan tentang guru, siswa, sistem pendidikan, pendukung pendidikan, peran orang tua siswa, biaya pendidikan dan masih bayak lagi.

www. pinterest.com

Selain membuat niche pendidikan saya akan memilih niche tentang keuangan dan ekonomi karena saya sebagai guru ekonomi yang mengajarkan tentang bagaimana kita mengelola keuangan dan membahas keadaan ekonomi.

Saya akan membuat niche yang lebih menarik baik dari segi tampilan maupun dari segi tulisan. Tampilan blog pendidikan harus mencerminkan keeleganan dan

 

Comments